Minggu, 27 Maret 2016

Tutorial MSPA (mna square photo art) Part-1

MSPA/MSLA
 
MSPA (mna square photo art) atau bisa juga disebut dg MSLA (mna Square Line art) adalah sebuah salah satu cara editing foto yang terinspirasi dari vector dan scribble. Awalnya saya hanya iseng untuk membuat sketsa dengan cara yang beda dengan efek garis kotak yang menumpuk dan tidak menentu ukurannya (square), namun setelah diberi warna skintone mengikuti vector, ternyata hasil yang saya bikin melebihi espektasi awal ketika saya membuatnya.
Awalnya foto ini saya beri nama MSLA, namun karena kurang sreg akhirnya saya rubah, karena line art sepertinya masih dalam format vector yang garisnya tegas.
Setelah beberapa bulan nama tersebut saya rubah menjadi MSPA, yang mana nama tersebut juga saya ambil dari singkatan nama saya yaitu MNA dan saya tambah dengan Square Photo Art.

Dalam blog pribadi saya akan share cara  mudah untuk membuat MSPA dengan menggunakan aplikasi android yaitu Autodesk Sketchbook Pro Versi 3.2.1.
Kenapa menggunakan Smartphone dan aplikasi tersebut? Jawabannya karena lebih mudah, Cepat dan simple.

(Maaf bahasa blepotan)

Berikut tutorialnya. Di part awal ini, agar mudah bagi Pemula, maka akan saya terangkan dari proses awal.
Buka foto yang akan di edit. Lalu edit menggunakan editor foto yang ada efek posterizednya. Saya menggunakan software bawaan gallery handphone. Handphone yang saya gunakan adalah lenovo a706 armany jadul.
Berikut SS-nya:
Kemudian buja aplikasi sketchbook.
Buat new sketch
Apabila layer kurang besar, pilih custom. foto lebih jelas,
Layer yang saya gunakan adalah 1000px x 1400.
Setelah selesai. Klik centang (√) di bawah tulisan keep proportions.

Lalu pilih gambar jangka dan penggaris (yg bentuknya lebih mirip sisir)

Export foto dari gallery.

Export kedua foto. Yang asli dan posterized.

Sesuaikan kedua gambar dengan layer. Foto asli dan posterized foto besarnya harus persis. Foto asli untuk facet hitam nantinya. Dan posterized untuk pewarnaan kulit.
Letakkan foto asli di atas layer posterized.
Layer kosong yang paling bawah pindah ke atas. Atau delete layer paling bawah lalu tambah layer, letakkan layer tersebut di bagian atas

Pilih pen seperti di SS Lalu ubah warna menjadi hitam.

Lalu 
PIlih gambar jangka dan sisir, maaf. Maksud saya penggaris. Pilih style. Lalu piluh style kotak/square.
Pilih layer kosong tadi lalu goreskan square tadi di layer mengikuti garis hitam dan gelap yang ada di foto layer ke dua.
Ikuti facet wajah yang ada di layer kedua sampai selesai. Berikut penampakannyadi atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar